Pengertian Macromedia Flash

Aplikasi Macromedia Flash
1.      Pengertian Macromedia Flash
Perangkat lunak adobe flash yang selanjutnya disebut flash, dulunya bernama macromedia flash, merupakan software multimedia unggulan yang dulunya dikembangkan oleh macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh adobe systemMacromedia flash versi terbarunya adalahMacromedia Flash Profesional 8 yang dikemas dalam satu paket dengan nama Macromedia All in One. Pada awalnya software ini diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi berupa game, media pembelajaran atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Pada versi terbarunya ini dilengkapi berbagai fasilitas yang mampu meningkatkan kinerja pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun dan presentasi.
Macromedia Flash professional 8 merupakan sebuah program apilkasi standar yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi. Menurut Fadli (2010:1) “Macromedia Flash sendiri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi, game”.
Macromedia Flash sendri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi dan game. Menurut Rayandra Asyhar (2012:187) “Macromedia Flashmerupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mendesain animasi yang banyak digunakan saat ini”. Sedangkan menurut Darmawan (2011:151) menyatakan “Macromedia Flash merupakan software yang digunakan oleh para programmer pembelajaran interaktif, karena macromedia ini tergolong yang paling mudah digunakan”.
Macromedia Flash telah muncul sebagai alat terkemuka untuk mengembangkan multimedia. Dengan adanya aplikasi Macromedia Flash ini, pengguna dapat membuat perencanaan kurikulum dan media presentasi yang terdiri dari teks, gambar dan animasi, slide PowerPoint, dan musik, serta pertanyaan tes atau evaluasi dalam pembelajaran.
Menurut Jayadi (2008) “macromedia flash adalah salah satu program software yang mampu menyajikan pesan audiovisual secara jelas kepada siswa dan materi yang bersifat nyata, sehingga dapat diilustrasikan secara lebih menarik kepada siswa dengan berbagai gambar animasi yang dapat merangsang minat belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran”. Sedangkan menurut Madcom (2004:12) “Macromedia Flash 8.0 adalah program grafis yang diperuntukan untuk motion atau gerak dan dilengkapi dengan script untuk programming (action script) dengan program ini memungkinkan pembuatan animasi media interaktif, game”.
Berdasarkan beberapa pengertian Macromedia Flash yang di paparkan oleh para ahli, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan macromedia flash dalam pembelajaran adalah suatusoftware aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat media pembelajaran agar lebih menarik dan mudah di pahami dalam menyampaikan pembelajaran. Dengan demikian macromedia flash sejalan dengan pertumbuhan pendidikan, yakni dapat member kontribusi pada siswa untuk menumbuhkan semangat dalam bentuk proses pembelajaran dan dapat memusatkan perhatian serta pemahaman siswa lebih dalam mengenai materi tersebut dengan cara yang menyenangkan dan lebih berkesan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
2.      Langkah Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash
Untuk mendesain pelajaran yang hendak disampaikan melalui pembelajaran menggunakanmacromedia flash, seorang guru harus menyiapkan langkah-langkah pembelajaran yang berbeda antara satu media pembelajaran dengan media pembelajaran yang lain. Ada pun langkah-langkah pembelajaran dengan media pembelajaran macromedia flash ini dijelaskan sebagai berikut:
a.       Pembuatan presentasi untuk pembelajaran
Sebelum guru melaksanakan pembelajaran di kelas hendaknya guru tersebut membuat persiapan presentasi terlebih dahulu yang dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang diharapkan. Dalam hal ini pembuatan media pembelajaran macromedia flash tersebut memiliki elemen-elemen seperti animasi, interaksi, multimedia, standar kompetensi, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran tersebut berupa pembuatan format presentasi yang nantinya akan digunakan didalam kelas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan slide presentasi, diantaranya yaitu:
1)   Tidak semua materi yang diajarkan di informasikan semuanya dalam presentasi.
2)   Presentasi mencakup pokok-pokok materinya saja.
3)   Sebaiknya pada akhir presentsi dibuatkan evaluasi untuk siswa.
b.      Pelaksanaan Pembelajaran
Sebelum melaksanakan pembelajaran ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, yaitu:
1)   Mempersiapkan materi dan media pembelajaran macromedia flash yang akan digunakan dalam presentasi.
2)   Mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar dan menyiapkan ruang presentasi.
3)   Menggunakan media pembelajaran macromedia flash di ruang kelas untuk menjelaskan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kegiatan belajar dievaluasi, sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai, dan sejauh mana pengaruh media pembelajaran sebagai alat bantu dan menjunjung keberhasilan proses belajar siswa.

Sumber:teknologims.blogspot.com/2016/03/pengertian-macromedia-flash-8-media.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

komik doraemon episode terakhir

Macam-macam Alat Bantu Fotografi dan Gambarnya

CERITA AKU DAN SAHABAT KU