cara membuat gantungan kunci


Cara Membuat Gantungan Kunci Sederhana dari Kain Flanel

“Kecil-kecil cabe rawit”, sebutan itu sepertinya cocok diberikan ke gantungan kunci. Bagaimana tidak, soalnya meskipun ukurannya relatif kecil, benda yang satu ini punya fungsi yang amat penting, yakni menjaga agar kunci-kuncimu tidak mudah tercecer. Coba bayangkan kalau kunci milikmu tidak diberi gantungan sehingga mudah terselip bahkan hilang? Kamu sendiri yang repot, bukan?
Selain bisa menjaga kunci-kuncimu supaya mudah ditemukan, gantungan kunci juga bisa membuat gayamu semakin keren. Meskipun bukan berjenis aksesoris langsung, benda yang satu ini akan mudah menarik perhatian orang yang melihatnya. Karena itu, jangan heran kalau banyak orang yang cukup memperhatikan penampilan ketika ingin membeli gantungan kunci. Tidak perlu heran juga kalau pada akhirnya banyak pengrajin lokal yang membuat gantungan kunci kece dari berbagai jenis bahan, mulai dari kulit asli, kulit sintetis, hingga kain flanel.
Kalau kamu belum menemukan model gantungan kunci yang tepat, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri. Yang paling mudah, kamu bisa mencari cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Selain tekstur kainnya yang mudah dibentuk, umumnya harga kain flanel juga relatif terjangkau sehingga tidak akan menguras isi dompetmu. Nah, berikut ini adalah panduan untuk membuat gantungan kunci dari kain flanel. Yuk, dicoba!

Alat dan Bahan

cara-membuat-gantungan-kunci-dari-kain-flanel-5
Jangan bermimpin bisa membuat gantungan kunci yang lucu kalau kamu tidak punya alat dan bahan yang diperlukan. Nah, berikut ini beberapa alat dan bahan untuk membuat gantungan kunci kain flanel.
  • Kain flanel
  • Dacron
  • Manik-manik (jika perlu)
  • Kain perca (jika perlu)
  • Rantai kecil atau gantungan kunci polos
  • Pensil
  • Gunting atau cutter
  • Lem kuat atau lem tembak

Langkah Pembuatan

Setelah alat dan bahan yang kamu butuhkan terkumpul, saatnya kamu mulai berkreasi membuat gantungan kunci flanel handmade buatanmu sendiri. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat gantungan kunci dari flanel yang tidak akan menyulitkanmu.

1. Buat Sketsa Bentuk Gantungan yang Kamu Inginkan

cara-membuat-gantungan-kunci-dari-kain-flanel-4
Denga pensil, gambarlah sketsa yang kamu inginkan di atas kain flanel yang telah tersedia. Ingat, gambar dengan tipis dan berilah jarak bayangan sketsa selebar 1-2 cm sebagai tempat menjahit nantinya. Setelah sketsanya jadi, gunting kain flanel tersebut. Kemudian buat sketsa debgan bentuk desain yang sama ke sisi kain flanel yang lain. Dengan begitu sekarang kamu akan punya dua bentuk flanel yang sesuai dengan sketsa awalmu tadi.

2. Gabungkan Dua Lembar Flanel Hasil Sketsamu dan Jahit Sebagian

Sekarang kamu punya dua lembar flanel yang berbentuk sesuai sketsa idamanmu. Gabungkan keduanya dan mulai jahit sebagian sisinya. Kamu bisa menjahitnya di sisi sebagian bawah dan samping. Sementara itu, bagian atasnya di bagian dalam kondisi terbuka. Jangan takut dulu membayangkan susahnya menjahit flanel. Kamu cuma membutuhkan teknik menjahit jelujur yang super sederhana dan sangat mudah dipraktikkan!

3. Isi dengan Dacron

Supaya gantungan kuncimu nantinya terlihat berisi dan rapi, isilah lembaran flanel yang sudah berbentuk dengan dacron yang sudah kamu siapkan. Ini alasannya kamu membiarkan bagian sisi kain flanelmu terbuka. Pastikan kamu mengisi flanel dengan dracon dalam jumlah yang pas, tidak terlalu penuh, tapi tidak terlalu kosong.

4. Jahit Sisi yang Tersisa

cara-membuat-gantungan-kunci-dari-kain-flanel-3
Setelah kamu memastikan gabungan flanel tersebut sudah terisi pas, kini saatnya kamu mulai menjahit lagi. Tentu saja kamu harus menjahit bagian sisi yang masih terbuka agar dacron yang ada di dalamnya tidak keluar dan agar bentuk flanelmu menyerupai bantal berukuran mini dengan sempurna.

5. Tambahkan Pernak-pernik Lucu

Kamu bisa menciptakan bagian-bagian tubuh di atas sketsamu bantalan flanelmu menggunakan manik-manik yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Kamu bahkan bisa menggunakan kain perca sebagai tambahan untuk menghadirkan aksesoris di atas kain flanel yang sudah berbentuk tersebut. Ini waktunya kreativitasmu ditantang!

6. Jangan Lupa Pasangi Rantai atau Gantungan

cara-membuat-gantungan-kunci-dari-kain-flanel-2
Ini dia bagian terpenting dari cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Setelah mendapatkan bentuk yang sesuai dengan hiasan yang pas, tentunya kamu tidak boleh melupakan bahwa benda tersebut nantinya akan dijadikan sebagai gantungan kunci. Karena itu, langkah terakhirnya adalah memasangi bantal kecil dari flanel tersebut dengan rantai atau gantungan lainnya yang sudah disiapkan. Pasang rantai dan gantungan tersebut di bagian atas bantalan flanel. Kamu bisa merekatkannya dengan lem kuat bahkan lem tembak agar terlihat lebih rapi. Dan trala, kini gantungan kunci dari kain flanel buatanmu siap digunakan!
Jangan lupa juga melihat koleksi gantungan kunci flanel keren dari pengrajin Indonesia

Tidak sulit bukan membuat gantungan kunci sendiri dari kain flanel? Selain bisa dipakai sendiri untuk menjaga kunci-kunci pentingmu, kamu dapat menjadikannya sebagai peluang usaha, loh! Tentu saja jika kamu sudah benar-benar ahli dan memahami betul cara membuat gantungan kunci dari flanel ini. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

komik doraemon episode terakhir

Macam-macam Alat Bantu Fotografi dan Gambarnya